Kasie Kesehatan Lingkungan Lindawati Hasan. S. Farm bersama Husnul Hatima Simbuang AMKL Sementara Memeriksa di Depot Air Minum baru di kelurahan Kotamobagu, Jumat (20/9/2019)

Dinkes Kotamobagu : Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Wajib Dimiliki Depot Air Minum

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Usaha Depot Air Minum yang miliki potensi baik di Kota Kotamobagu menarik minat warga untuk memulai bisnis yang bermodalkan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) 

Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mewajibkan setiap depot pengisian air isi ulang wajib memiliki sertifikat laik hygiene sanitasi. Sertifikat tersebut dikeluarkan setelah melakukan pengujian kualitas air melalui uji lab yang nantinya aman dan layak untuk dikonsumsi.

“Setiap depot pengisian air isi ulang harus memiliki sertifikat ini dan tiap tahun juga wajib diperbarui. Ini harus dilakukan agar air yang sampai ke masyarakat bisa terjaga kualitasnya dan layak dikonsumsi,” terang Kepala Kepala Seksi (kasie) Kesehatan Lingkungan Lindawati Hasan. S. Farm didampingi Husnul Hatima Simbuang.AMKL, usai memeriksa Depot Air Minum baru di kelurahan Kotamobagu, Jumat (20/9/2019) pagi tadi

Indah panggilan akrab sehari-hari, menambahkan pihak puskesmas secara berkala mendatangi depot-depot air minum isi ulang untuk melakukan pengawasan dan mengecek masa berlaku sertifikat.

“Setiap tiga bulan sekali dipantau terus oleh puskesmas terdekat, selain itu kami juga punya catatannya, jadi bakalan ketahuan apabila ada depot air minum yang sertifikatnya sudah habis masa apa belum,” terangnya.

Indah menegaskan Dinkes Kotamobagu tidak akan mengeluarkan sertifikat tersebut kepada pemohon jika tidak memenuhi ketentuan dan persyaratan. Dia mengakui, beberapa waktu lalu menolak penerbitan sertifikat untuk sejumlah depot.

“Kami pernah tidak menerbitkan sertifikat itu kepada beberapa depot karena ada beberapa item tidak memenuhi syarat jadi kami minta untuk ditambahkan, jika sudah lengkap baru kami keluarkan,” tambahnya.

Dia juga menyarankan kepada masyarakat ketika hendak membeli air minum isi ulang di depot untuk melihat terlebih dulu mengecek apakah ada atau tidak sertifikat laik hygiene sanitasi.

“Jadi sebelum ngisi air isi ulang, liat dulu sertifikat itu masih berlaku apa tidak. Biasanya ditempel di depan depotnya, kalau belum kami sarankan jangan isi disitu dulu,” pungkas

Penulis Gian

Editor Dadang

Apa reaksi Anda tentang artikel ini ?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Inilah Hasil Test Calon Perangkat Desa Bilalang II

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Bagian Tata Praja Pemerintahan (Tapem) Setda Kotamobagu mengumumkan hasil Test Calon Perangkat ...