Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Kotamobagu Andin Mantali/foto Robby/Bulawanews.com

Pemkot Kotamobagu Berencana Evaluasi Guru Mengaji dan Taman Pengajian Al Quran

KOTAMOBAGU,BULAWANEWS.COM –  Pemerintah Kota Kotamobagu berencana melakukan evaluasi terhadap kinerja para petugas agama, itu dimaksudkan agar diketahui capaian kinerja terutama dalam memberi pelayanan ke masyarakat.

“Evaluasi yang akan dilakukan, dapat dilihat dari jumlah santri yang mengaji, mulai dari iqro lima, iqro enam dan ada santri yang akan dihatam, dengan evaluasi tersebut dapat diketahui para santri yang sudah melalui tahapan dalam belajar membaca Al quran,” terang Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Andin Mantali, Jumat (4/10/2019)

Dia menyebut, jumlah data hatam Alquran yang diminta minimal 1.500 santri, kemudian tidak terpenuhi maka hal tersebut menjadi bahan evaluasi bagi Taman Pengajian Alquran (TPQ) yang masih aktif atau sudah tidak aktif.

“Dapat diketahui, guru mengaji yang masih terdaftar akan tetapi sudah tidak memiliki santri lagi,” papar Andin.

Sambungnya lagi, untuk apa pemerintah melakukan pembayaran intensif lagi kepada guru mengaji yang tidak produktif dalam memberantas buta baca Alquran.

“’Guru mengaji sebaiknya melakukan terobosan-terobosan agar para santri tertarik datang untuk belajar membaca alquran,” imbuh Andin.

Dia mencontohkan, seperti Taman Pengajian Alquran (TPA) di kelurahan Mongkonai kecamatan Kotamobagu barat, memberikan secara gratis bubur kacang hijau kepada para santri dilingkungan tempat mengaji dan anak-anak pun tertarik untuk datang belajar membaca Alquran.

“Sehingga program dari pemerintah dalam memberantas buta baca Alquran dapat terwujud,” pungkas Andin Mantali.

 

Robby Paputungan

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

PKK Kelurahan Gogagoman Sabet Juara I Lomba Defile Jambore PKK Tingkat Kotamobagu

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Berbagai lomba-lomba digelar dalam menyambut Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 ...