Sekda Pohuwato Buka Workshop Lintas Sektor Kontidjensi KKM

POHUWATO,BULAWANEWS.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pohuwato Djoni Nento membuka secara resmi Workshop Lintas Sektor Kontidjensi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) yang diselenggarakan di Hotel Golden Sri, Marisa, Rabu (16/10)

Workshop tersebut dihadiri oleh seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Kabupaten Pohuwato, Sekda Djoni Nento dalam sambutannya mengatakan semua pihak yang telah berinisiatif menyusun rencana kontinjensi kedaruratan kesehatan masyarakat di Pohuwato

Kata Nento, kegiatan ini sangat penting dan strategis mengingat letak geografis Kabupaten Pohuwato berada di jalur trans Sulawesi rentan terhadap ancaman kesehatan dari dampak bencana alam yang bisa terjadi seperti angin putting beliung, banjir, gempa bumi dan tsunami.

“Setiap terjadinya kedaruratan kesehatan masyarakat, tentunya memerlukan upaya khusus untuk penanggulangannnya. Dan salah satu kendala yang sering dijumpai adalah kurangnya kesiapan SDA dan kurangnya koordinasi lintas sektor,” ucap Sekda

“Perlu diwaspadai keberadaan orang-orang asing atau tamu yang berada di daerah ini karena kita tidak tahu apa yang mereka bawah, entah itu penyakit maupun bibit penyakit yang bisa menimbulkan wabah,” imbuhnya

“Karenanya agar penanggulangan KKM berjalan lancar, maka dipandang perlu disusun suatu rencana kontijensi penanggulangannya,” harap Nento.

Di akhir sambutannya, Sekda mengungkapkan rasa optimisnya. Katanya, apabila tugas dan peran pelaku penanggulangan bencana dipikul bersama-sama antara Pemerintah, masyarakat dan sektor terkait maka tujuan akhir dari pengurangn resiko akan terwujud dengan baik.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr. Supandi M. Abdullah dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut digelar adalah agar tersedianya dokumen rencana kontijensi sebagai pedoman dalam melakukan aksi penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat. Kemudian juga tersedianya instrumen kesiapsiagaan, deteksi dini dan respon cepat dalam hal menghadapi kemungkinan terjadinya Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

Sosialisasi dan workshop ini dikuti lintas OPD terkait jajaran Pemkab Pohuwato. turut dihadiri Camat Paguat, Kodim Pohuwato, Kapolsek Marisa, Kapolsek Paguat dan KKP Pelabuhan Paguat dan menghadirkan nara sumber dari Dinas Kesehatan.

Dahlan H

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Wabup Pohuwato Hadiri Rakor Antisipasi Corona di Kota Gorontalo

POHUWATO, BULAWANEWS.COM – Terkait merebaknya virus corona atau covid 19 di seluruh Indonesia, Pemerintah Provinsi ...