Macrocephalonmaleo (foto. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone)

TNBNW, Kembangkan Ribuan Ekor Burung Maleo

KOTAMOBAGU,BULAWANEWS – Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) berhasil mengembangkan 17.982 populasi burung maleo (Macrocephalonmaleo) dan sudah dilepas kembali ke alam.

Pengembangbiakkan burung maleo telah dilakukan melalui pembangunan hatchery  (tempat penetasan buatan) pada areal Sanctuary Maleo ditiga lokasi, Tambun, Muara Pusian dan Hungayono.

Hal tersebut disampaikan Kepala Balai TNBNW Drh. Supriyanto melalui koordinator Bidang Pengawetan dan Perpetaan Wildy Poneke. S. Hut. M. Sc, ditemui Selasa (8/10/2019).

Menurut Wildy, jenis hewan yang ada di pulau Sulawesi  ini merupakan salah satu spesies burung yang paling unik dalam susunan formasi ekologigaris Wallace dan berbeda dengan pulau lainnya di Indonesia.

“Jika Pulau Sumatera itu, identik dengan harimau dan gajah, sedangkan sulawesi identik dengan burung maleo, anoa, babirusa serta sejumlah fauna endemic lainnya,” terang dia.

Wildy menjelaskan, burung maleo merupakan jenis unggas yang meneteskan telurnya didalam tanah dengan kestabilan suhu 32-38 derajat Celsius dengan ukuran telur 6 kali lebih besar dari telur ayam dan uniknya lagi hanya bisa ditetaskannya didaratan pulau Sulawesi.

“Secara umum, sekarang populasinya tersebar dibeberapa kawasan konservasi di daratan Sulawesi, diantaranya di Taman Nasional Lorelindu, Sulawesi tengah dan di Taman Nasional Rawaopa Watumohae Sulawesi tenggara,” kata dia.

Selain di kawasan TNBNW, untuk Propinsi Sulawesi utara, burung maleo di kembang biakkan juga di Tanjung Binereian, Bolaang Mongondow Selatan oleh WCS Indonesia.

“Walaupun tersebar pada beberapa lokasi, namun secara sentimental burung maleo mempunyai ikatan yang sangat kuat dengan TNBNW, satwa ini merupakan mascot atau logo dari TNBNW,” sebut Wildy Poneke.

 

Robby Paputungan

 

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

DLH Minahasa Selatan Kunjungi Bank Sampah DLH Kotamobagu

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Kotamobagu hari ini Menerima kunjungan kerja ...