Warga Pontodon Menerima Sosialisasi Atasi Bahaya Kebakaran Akibat Tabung Gas Elpiji

KOTAMOBAGU,BULAWANEWS.COM – Memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui sosialisasi bagaimana atasi dan mengambil  tindakan bila terjadi suatu peristiwa bencana kebakaran.

Sosialisasi Kesiapsiagaan diselenggarakan di Desa Pontodon Kecamatan Kotamobagu Utara dilakukan oleh Pemkot Kotamobagu melalui Kantor Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu.

Adapun pemateri Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Erwin Sugeha dan Drs Budi Prayitno Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana BPBD Kotamobagu.

“Tujuan dari sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam mencegah serta menanggulangi bahaya kebakaran beserta langkah-langkahnya,” terang Erwin kepada Bulawanews.com. Rabu (30/10).

Amatan awak media dengan skill yang dimilki Erwin Sugeha memaparkan tehnik menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan cara-cara memadamkan api bila terjadi kebakaran kemudian dilanjutkan melakukan perawatan alat pemadam tersebut.

Dalam kesempatan tersebut itu dihimbau kepada penyedia gas elpiji untuk selalu melakukan penggantian karet pada tabung gas untuk mencegah terjadinya kebocoran.

Sementara itu, Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana BPBD Kotamobagu DRS Budi Prayitno memberikan pemahaman kepada peserta untuk mengantisapsi jatuhnya korban bila terjadinya bencana alam.

“Untuk dapat mencegah terjadinya korban jiwa sebaiknya daun pintu dibuat untuk dibuka ditarik keluar agar bila terjadinya bencana alam penyelamatan dini dari bencana dapat dilakukan,” ucap Budi.

Dia menambahkan, untuk fasilitas umum seperti perkantoran, mall dan lain sebagainya harus menyediakan tangga darurat sebagai jalur evakuasi sebagai jalan untuk menyelamatkan diri bila terjadinya gempa bumi, kebakaran atau bencana alam lainnya.

Pada sosialisasi diajarkan menggunakan menggunakan telpon pintar untuk mengetahui titik koordinat lokasi bencana dengan menggunakan GPS melalui satelit.

Hadir pada sosialisasi tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Sangadi Pontodon Arianto Potabuga bersama perangkat dan masyarakat.

 

Robby Paputungan

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

TBNK Membawa Kota Kotamobagu Menyabet Peringkat I Anugerah Sensanitasional Award Tahun 2020 Tingkat Sulawesi Utara

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Duet kepemimpinan Walikota Ir Hj.Tatong Bara dan Wakil Walikota Nayodo Koerniawan SH ...