Kepala Dinas Perhubungan Kota Kotamobagu Nasli Paputungan menyampaikan, ketika di wawancarai awak media di ruang kerjanya

Inilah Penjelasan Kadis Dishub Tentang Dugaan Pungli Pembuatan Surat Keterangan

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Kabar adanya dugaan praktik pungutan liar (pungli) di Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu, mulai ada titik terang.

Pengurusan surat keterangan belum memenuhi kriteria tehnis dan kriteria minimal wajib menyusun dokumen Analis Dampak Lalulintas (ANDALALIN), ternyata tidak dipungut biaya.

Tapi nyatanya, seorang pengusaha yang baru saja merintis usaha rumah makan/kafe di Kotamobagu, malah harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah.

Kepala Dishub Kotamobagu Nasli Paputungan mengaku, dirinya telah mendengar langsung keterangan dari pengusaha tersebut.

“Dari hasil pertemuan tersebut, pemilik kafe mengatakan adanya pungutan yang dilakukan oleh oknum kepala seksi (Dishub Kotamobagu) sebesar Rp1,5 juta terhadap dirinya,” terang Nasli, saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (3/3).

Geram mendengar hal itu, Nasli menegaskan, pengurusan surat keterangan ANDALALIN tidak ada biaya alias gratis, sedangkan pungli yang terjadi merupakan perbuatan oknum, bukan atas nama instansi yang dipimpinnya itu.

“Jika akan berlanjut dan berproses hukum, bukan Dishub tetapi si oknum,” katanya.

Di sisi lain, Nasli mengapresiasi pengakuan pengusaha tersebut yang telah membongkar borok kinerja bawahannya.

“Dan terkait hal itu, kami akan mengambil langkah-langkah melaporkan ke pimpinan untuk mengambil sanksi tegas kepada si oknum yang telah merusak nama baik Dishub Kotamobagu,” tegas Nasli.

Terpisah, saat ditemui pewarta beberapa hari lalu, oknum kepala seksi di Dishub Kotamobagu berinsial NN yang diduga melakukan pungli, awalnya tidak mengakui perbuatannya.

Namun, setelah beberapa saat dicerca dengan berbagai pertanyaan, akhirnya NN mau mengakui bahwa dirinyalah yang melakukan pungli tersebut.

David

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Perda Pilsang Serentak di Kotamobagu Masih Berproses

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Agenda pemilihan Sangadi atau Kepala desa serentak 15 desa di Kota Kotamobagu ...