Kepala Dinas Sosial, Kotamobagu, Sarida Mokoginta

1.863 Warga Kotamobagu Penerima BPNT, Di Nonaktifkan Kemensos RI

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Penonaktifan sejumlah rekening Keluarga penerima manfaat bantuan pangan nontunai (KPM–BPNT) di sejumlah wilayah di Indonesia, oleh Kementrian Sosial RI. termasuk diantaranya di Kotamobagu. Sebanyak 1.863 KPM-BPNT di Kotamobagu mulai bulan Juni ini tak mendapatkan bantuan program sembako.

Kadis Sosial Sarida Mokoginta membenarkan hal ini. Menurutnya, Dinsos menerima surat dari Kemensos 8 Juni 2020 terkait tindak lanjut penonaktifan rekening KPM bantuan program sembako. Dalam surat tersebut, kata Sarida, disebutkan alasan penonaktifan 1.863 KPM. “Menurut surat tersebut data KPM bantuan program sembako yang telah dinonaktifkan dan dikeluarkan dari data bayar merupakan hasil pemadanan data Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN) dengan DTKS finalisasi bulan januari 2020 yang sudah padan dengan data Dukcapil,” kata Sarida kepada sejumlah wartawan, Rabu (10/6).

Selanjutnya, oleh Kemensos, Dinsos diminta untuk melakukan validasi bersama Dukcapil terkait nama-nama yang masuk dalam penonaktifan rekening tersebut. “Mulai kemarin kami bersama Dukcapil Kotamobagu memvalidasi data yang disampaikan oleh Kemensos. Ada beberapa temuan diantaranya NIK tak sesuai, ada yang meninggal tetapi masih terdata dan pindah tempat tinggal. Selanjutnya dari data-data ini kami akan turun lapangan melakukan validasi factual. Nanti hasil validasi ini akan dilaporkan ulang agar rekening penerima sudah bisa diaktifkan lagi,” jelas Kadis.

Di Kotamobagu sendiri, awalnya jumlah KPM-BPNT sebanyak 4.970. Namun saat pandemi Covid ini pemerimntah menambah lagi sebanyak 487 keluarga, sehingga totalnya 5.457. Terbaru, Kementrian Sosial menonaktifkan rekening sebanyak 1.863 keluarga, sehingga kini tinggal 3.594 penerima program ini. Harapannya 1.863 yang dinonaktifkan ini akan kembali menerima bantuan setelah dilakukan validasi. (*)

 

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

BKPP Panggil Oknum ASN Yang Diduga Terlibat Pungli

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu, Sarida Mokoginta SH kembali ...