Perluasan Desa Bilalang I Capai 50 Persen

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM –
Pelaksanaan pekerjaan jalan dalam rangka perluasan wilayah pemukiman Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara kini telah mencapai progres 50 persen.
Menurut Kepala Seksi Kesejahteraan Pemdes Bilalang I, Suhendra Mokoginta, pekerjaan yang sampai kini dilakukan yakni pembuatan gorong-gorong dan pembukaan jalan.
“Posisi per hari ini (kemarin), kita hitung pekerjaannya sudah mencapai sekitar lima puluh persen. Untuk pembukaan jalannya sudah dilakukan, saat ini kita tengah menuntaskan pekerjaan gorong-gorong. Setelah itu, kita masuk pada penaburan material sirtu dan pekerjaan selesai,” ungkap Suhendra, Rabu (24/6) kemarin.
Suhendra juga menambahkan, pekerjaan yang menelan anggaran sebesar Rp71 juta tersebut mengalami kendala dengan cuaca hujan yang intens terjadi akhir-akhir ini.
“Kondisi hujan ini sedikit menghambat, bahkan material pasir yang ada sempat terbawa air. Tetapi, kami optimalkan waktu yang ada untuk segera menuntaskan sisa pekerjaan yang ada,” tambah Suhendra.
Sebelumnya, Pemdes Bilalang I mengambil kebijakan untuk melakukan pembukaan area pemukiman baru yang terletak di wilayah perkebunan yang berbatasan langsung dengan Desa Passi 2, Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolmong.
Langkah ini pun mendapat dukungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkot Kotamobagu yang pada Senin (8/6) melakukan monitoring terhadap pembukaan akses jalan di area pemukiman baru yang masuk pada program Padat Karya Tunai (PKT) tersebut.
Sangadi Bilalang I, Hj Badaria A Mokoginta mengatakan, upaya Pemdes Bilalang I untuk pembukaan dan perluasan area pemukiman baru tersebut mendapatkan dukungan dari Pemkot, dan khususnya dari masyarakat.
“Lokasi perluasan desa ini berada di wilayah perkebunan yang berbatasan langsung dengan Desa Passi 2. Masyarakat menghibahkan lahannya untuk pembuatan jalan baru sepanjang enam meter sudah bersama dengan drainase-nya. Ada pula monitoring yang langsung dilakukan Kepala Dinas PMD, dan beliau memberikan respon positif,” ungkap Badaria.
Badaria menambahkan, di lokasi perluasan desa tersebut dekat dengan area parawisata batu putih malelang. Sehingga ke depannya, area perluasan desa tersebut dapat menunjang keberadaan pariwisata yang ada di Desa Bilalang I.
“Titik perluasan desa ini dekat juga dengan destinasi pariwisata batu putih malelang. Sehingga kita berharap ke depannya, area yang baru kita buka ini bisa saling menunjang dengan keberadaan pariwisata di Bilalang Satu,” tambah Badaria.
Ada pun untuk teknis pembukaan area perluasan desa tersebut, Pemdes Bilalang I membuka akses jalan selebar 6 meter dengan panjang 194 meter.(*)

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Pemenang Lomba Ajang IGA Kotamobagu Tahun 2020 Diumumkan

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Beberapa waktu lalu di gelar  Ajang Innovative Government Award (IGA) Kota Kotamobagu ...