Pelatihan pengrajin batok kelapa di Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja Kotamobagu

Batok Kelapa Diubah Menjadi Produk Kerajinan Tangan

POTENSI DAERAH, BULAWANEWS.COM – Kerajinan batok (tempurung kelapa) produksi perajin Masyarakat Akita Kotamobagu salah satunya Pelly Potabuga, Warga Kelurahan Mongkonai yang membuat batok kelapa, menjadi cangkir serta asesoris dan miniatur.

Sebuah kreativitas yang bernilai ekonomis yang berpotensi menembus pasar dengan desain yang mengangkat kearifan lokal, justru menjadi daya tarik tersendiri. Dan mampu mendongkrak nilai jual karena tergolong karya seni.

Seniman asli kelahiran Kotamobagu pernah mengikuti pelatihan cara mengolah bahan baku pertanian menjadi produk kerajinan tangan dari Dinas Peridustrian dan Tenaga Kerja Kotamobagu, melihat banyak potensi alam yang terbuang sia-sia. Bahkan hanya dipakai sebagai kayu bakar saja. Seperti tempurung kelapa. Di tangannya, barang limbah itu diubah menjadi karya seni bernilai tinggi.

“Saya terdorong untuk mempraktekkan apa yang saya dapatkan saat mengikuti pelatihan,” ujarnya.

Lanjutnya, ketika melihat sangat banyak produksi kelapa, sementara batok kelapa kebanyakan hanya di olah menjadi arang, ia kemudian mengajak rekan-rekannya untuk mengolah batok kelapa menjadi produk kerajinan tangan.

“Nah batok kelapa ini bisa dibuat sebuah produk kerajinan yang dapat menguntungkan kami para pengrajin usaha produktif,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian Masita Buntuan mengatakan, pihaknya pernah mengadakan pelatihan pengolahan bahan baku tempurung bagi para pengrajin yang ada di kotamobagu. Pelatihan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mendorong serta menumbuhkan wirausaha baru di Kotamobagu.

“Jadi nantinya mereka para pengrajin ini akan mengelola batok kelapa ini jadi bentuk yang sangat kreatif, tentunya bernilai ekonomis dan memiliki harga jual. Nah, kalau sudah mempunyai produk, diharapkan dapat meningkatkan usahanya khususnya dibidang kerajinan batok kelapa,” pungkasnya.  (*/David)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*