Pembibitan tanaman

Warga Mocil Hasilkan Puluhan Juta Dari Pembuatan Bibit Tanaman

POTENSI DAERAH BULAWANEWS.COM – Dengan memanfaatkan lahan berukuran 10X20 meter di belakang rumahnya untuk dijadikan tempat pembibitan tanaman tahunan, Akbar Damopolii warga Kelurahan Motoboi Kecil (Mocil), mampu menghasilkan Rp 10 jutaan perbulan.

Hal ini terunkpa ketika sejumlah awak media menemui Akbar ditmepat pembibitannya beberapa waktu lalu

Ia mengaku, kegiatan pembibitan tanaman ini, sudah mulai ia geluti pada 2011 lalu dengan bermodal uang sebesar Rp 3 juta.

“Itu untuk membeli peralatan yang akan digunakan untuk membuat pembibitan,” ujarnya.

Dirinya menerangkan, saat ini benih tanaman bulanan yang tersedia di tempat pembibitannya yakni, benih Coklat, Durian, Pala dan Alpokat.

“Untuk benih Coklat yang tersedia yakni, jenis Coklat MCC 02, Sulawesi 2, dan beberapa jenis lagi, serta untuk durian jenis yang tersedia yaknk Musang king, Montong dan Bawor,” ungkapnya.

Untuk harga benih, bervariasi mulai dari Rp 12.500 per benih, hingga Rp 70 ribu perbenih.

Lanjutnya, dalam perbulannya, ia bisa menghasilkan Rp 10 juta dari hasil penjualan benih, dan paling banyak yang diminati yakni Alpokat, Durian dan Coklat. “Pemesanan bibit paling banyak pada pertengahan tahun dan bulan Desember,” pungkasnya (*/David)

Komentar Facebook

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*

x

Berita Lainnya

Kelurahan Motoboi Kecil Sabet Juara I Lomba Kota Bisa Award Kota Kotamobagu 2020

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, berhasil meraih juara I lomba Kota ...