Petani Kotamobagu Dapat Bantuan Mesin Pengering.

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Pemerintah Pusat Dan Pemkot Kotamobagu terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani didaerah Berbagai program dan bantuan terus dikucurkan untuk membantu meningkatkan taraf hidup dan pendapatan petani. Salah satunya melalui bantuan mesin dryer untuk pengering padi dan jagung.

“Para petani kita sangat membutuhkan dryer dalam mengeringkan hasil panennya, baik padi maupun jagung,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Ramjan Mokoginta. Jumat (23/10)

Ditambahkan, Mokoginta bantuan bangunan pengering padi itu, dibangun di dua tempat yakni di desa Modayag Todulan dan di Desa Poyowa Kecil dengan ukuran 8×20 meter, yang dianggarkan dari APBD senilai Rp 200 juta per bangunan.

“Unit pengering tersebut sangat membantu petani padi, apalagi cuaca yang sering hujan, jika menggunakan bangunan pengering ini, padi milik petani bisa kering dalam jangka waktu sekitar dua hari saja,”  ujar Ramjan,

Menurutnya, bangunan unit pengering ini, sebenarnya bisa digunakan untuk mengeringkan jagung, kopi, coklat, dan tanaman pangan lain.

“Tapi bantuan tersebut khusus untuk petani padi, nanti kalau belum digunakan petani padi, bisa digunakan untuk mengeringkan tanaman jenis lain,” pungkasnya.

Terpisah, Kadis Pertanian Dan Perikanan berharap bantuan ini pemanfaatan bermanfaat bagi anggota kelompok tani

“Dengan adanya alat yang mampu menampumg 3 Ton serta proses pengeringan lebih cepat (hemat waktu) dari pengeringan konvensional di lantai dengan jemur dibawah sinar matahari,”

“Mengantisipasi bila terjadi musim penghujan untuk menjaga kwalitas beras dan jagung,”

 

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

Petani Kotamobagu Terima Kartu Tani Kerjasama dengan PT. BNI.

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM –  Ratusan petani di Kota Kotamobagu menerima kartu tani dari kerjasama Dinas Pertanian ...