BAZNAS Sentuh TPQ & Ponpes Lewat Bantuan Fasilitas Penunjang

KOTAMOBAGU – Diakhir November ini kembali Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Kotamobagu menyalurkan bantuan kepada sejumlah penerima manfaat. Kali ini giliran bidang pendidikan yang disentuh melalui pemberdayaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di BAZNAS KK. Sejumlah Taman Pengajian Al Qur’an (TPQ) dan Pondok Pesantren mendapatkan bantuan berupa fasilitas penunjang, seperti mushaf Al Qur’an, buku-buku Iqro, meja, papan tulis dan kipas angin. Penyerahan secara simbolis bantuan tersebut berlangsung hikmad di Kantor Sekretariat BAZNAS pagi (25/11/20) tadi.

Ketua BAZNAS Kota Kotamobagu, Jainudin SP mengatakan, penyaluran ini sebagai wujud sentuhan perhatian pihaknya terhadap para pengelola TPQ, Ponpes dan Taman Tilawatil Quran yang telah turut serta mencetak para qori dan qoriah di Kotamobagu, sehingga Kotamobagu mampu menyabet gelar juara umum dalam arena MTQ Tingkat Provinsi baru-baru lalu.

“Kami rasa ini tidaklah berlebihan, karena dari mereka juga lahir bibit qori-qoriah dan hafiz Quran yang siap mengharumkan nama daerah. Sebagai representasi dari pemerintah kota, tentu kami juga harus mensupport keberadaan TPA/TPQ ini, termasuk pondok pesantren dan rumah tahfiz,” ujar Jain seusai acara.

Menurut Jain, program bantuan ini disesuaikan dengan tingkat pengumpulan dan dana ZIS yang terkumpul. Ia mengaku, belum dapat mengcover seluruh TPA/TPQ dan Ponpes yang ada, mengingat masih terbatasnya pengumpulan.

“Memang ada penurunan jumlah pengumpulan pada dua semester ini, karena dampak pandemic Covid-19 yang melanda sejak awal tahun ini. Mulai Maret lalu, pengumpulan kami stagnan. Dan yang paling signiifikan terdampak disini adalah Gerakan Infaq Jumat (GIJ) 1000 di sekolah-sekolah. Dengan diliburkannya sekolah, pemasukan infaq kami memang drop,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkot Kotamobagu, Hamdan Mokoagow mengaku sangat mengapresiasi langkah BAZNAS Kotamobagu dalam upayanya mendorong perkembangan TPQ dan rumah tahfiz di kota ini.

“Kita melihat langsung bagaimana BAZNAS KK eksis tidak saja dalam hal pembantuan yang bersifat sosial, namun juga sangat aktif dalam bidang lainnya, termasuk bidang pendidikan kerohanian di kota ini,” tandas Hamdan.

Beberapa pengelola TPA/TPQ yang mendapat sentuhan kali ini diantaranya TPQ Khairunnisa Mogolaing, TPQ Ma’arif Kelurahan Biga, Taman Tilawatil Qur’an Gogagoman, dan TPQ Musolla Al Iqro Moyag Todulan berupa bantuan pembangunan tempat wudhu. Ada pula Pondok Pesantren Al Khaeraat Kotamobagu yang mulai bulan ini mendapat bantuan rutin bahan pokok bagi para santri. Selain itu ada pula bantuan modal usaha kepada salah satu warga Gogagoman untuk usaha pembuatan kue. (Humas Baznas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

Ezza Grosir Gogagoman Sediakan Baju Daster

POTENSI DAERAH, BULAWANEWS.COM – Ingin miliki pakaian daster dan babby Doll Modern, silahkan datang EZZA ...