Ada Kenaikan Tarif BPJS, Ini Penjelasan Pincab Tondano

.

KOTAMOBAGU,BN – Adanya kenaikan tarif BPJS kesehatan kelas III yang semula Rp 25 ribu yang kini menjadi Rp 35 ribu, ini mendapatkan penjelasan dari Pimpinan Cabang (Pincab) BPJS kesehatan Tondano, Erfan Chandra Nugraha.

 

Candra menjelaskan, bila pada tahun 2019 mau memasuki 2020 lalu, ada tiga Peraturan Presiden (Perpres) yakni Perpres 75, Perpres 82 dan terakhir Perpres 64.

 

“Jadi kita mengacu kepada Perpres 64, sebenarnya kenapa itu tetap disesuaikan, karena kalau hitungan Aktuaria, tarif BPJS itu tarik diskon,” ujarnya, dalam pertemuan bersama sejumlah media di D’talaga Restaurant.

 

Candra menjelaskan, disekitar kesehatan itu inflansi yang sangat mahal, dibanding dengan sektor lain dan tidak pernah turun.

 

“Karena teknologi, obat dan sebagainya itu pakai bahan dari luar, atau bahan bakunya 90 persen impor,” jelasnya.

 

Lanjutnya, Pemerintah punya cara bagaimana orang tidak mampu mereka tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan lewat BPJS.

 

“Untuk itu dialihkan ke segmen PBI, makanya ditahun ini PBI-JK ditambah di APBD, dulukan 96,4 juta warga, ditambah jadi 98,2 juta secara nasional. Termasuk Pemerintah Daerah pun didorong untuk menambah lagi melalui APBD,” ujarnya.

 

Sebenarnya untuk segmen kelas tiga itu, kata Candra, untuk orang mampu.

 

“Jadi bagi orang yang tidak mampu, mereka tinggal beralih dengan cara melapor ke Dinas Sosial (Dinsos) kemudian mereka didaftarin oleh Pemda atau Pemerintah pusat,” paparnya.

 

Jadi, sambung Candra, Rp 35 ribu itu jauh di bawah dari yang seharusnya, karena hitungan akuarianya.

“Dari hitunga para ahli, seharusnya untuk kelas I Rp 300-an ribu, kelas II Rp 250 ribu dan kelas III Rp 150. Tapi karena kita masih subsidi silang, jadi konsepnya diperbanyak PBInya, sehingga yang mandiri itu dihlkhususkan bagi orang-orang yang mampu,” pungkasnya. (xt)

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

BAZNAS Kotamobagu Gelar Aksi Peduli Bencana

KOTAMOBAGU – Badan Amil Zakkat Nasional (BAZNAS) Kota Kotamobagu hari ini (Sabtu, 16)/1/21) menggelar kegiatan ...