Mewakil Wali Kota Kotamobagu Hj Ir Tatong Bara, Camat Kotamobagu Utara Andy Dhandy Mokoginta, S.E

Baznas Kotamobagu Inisiator Bangun Masjid Desa SIA

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kotamobagu inisiasi pembangunan masjid  di Desa SIA, Kecamatan Kotamobagu Utara, Rabu (10/2/2021).

Mewakil Wali Kota Kotamobagu Hj Ir Tatong Bara, Camat Kotamobagu Utara Andy Dhandy Mokoginta, S.E turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu Herdy Korompot, Anggota DPRD Hj Eka Sartika Mashoeri, Kepala Kantor Kementerian Agama Kotamobagu H Saiful Wongso, Mantan Bupati Fakfak Letkol Inf (Purn) Suparlan Pasambuna, Ketua MUI, Imam Besar Mesjid Agung Baitul Makmur, Rektor IAI Kotamobagu, Kepala KUA, para Sangadi/Kepala Desa dan pejabat lainnya.

Kegiatan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pada mesjid berukuran 10×10 meter.

Ketua BAZNAS Kotamobagu, Jainudin SP

Ketua BAZNAS Kotamobagu, Jainudin SP mengatakan, pembangunan mesjid ini merupakan tanggung jawab bersama yang patut didukung, agar Desa Sia dengan jumlah penduduk muslimnya sudah mencapai 10% ini segera memiliki fasilitas rumah ibadah yang layak.

“Selaku nazir, saya atas nama pengurus BAZNAS Kotamobagu mengharapkan bantuan semua pihak, agar proses pembangunan mesjid ini berjalan dengan lancar hingga rampung, dan dapat segera dipergunakan oleh warga sekitar,” harapnya.

Menurutnya, sudah ada dana hampir 10 juta rupiah yang terkumpul melalui panitia baik berupa material maupun dana cash, disamping dana segar yang sudah dicairkan oleh BAZNAS KK sebagai dana awal.

“Khusus dari kami BAZNAS KK, saat ini sudah ada 20 juta lebih yang kami kucurkan untuk persiapan pondasi hingga acara peletakan batu pertama hari ini,” paparnya.

Sementara itu Camat Kotamobagu Utara, Andy Mokoginta menyambut positif pembangunan mesjid ini. “Ini adalah tonggak sejarah di SIA, yang mayoritas warganya berpenduduk non muslim, namun bisa mensupport warga muslim disini untuk mendirikan mesjid pertama di Sia,” jelasnya.

Untuk diketahui, salah satu warga merupakan mantan Sangadi desa SIA, Herni Sumilat mewakafkan sebagian tanahnya untuk pembangunan mesjid ini melalui BAZNAS Kotamobagu pada 2019 lalu. Oleh BAZNAS KK, hal ini ditindak lanjuti dengan pengurusan IMB, persiapan pembangunan, dan pengurukan jalan, atas dasar persetujuan warga sekitar dan pemerintah desa setempat. (*)

 

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

BAZNAS Siap Tingkatkan Kerjasama Dengan Kantor Pajak

KOTAMOBAGU,BULAWANEWS.COM – Guna mendukung penyerapan pajak dan zakat di Kotamobagu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota ...