Tim pembina saat melakukan pengecekan tempat pengomposan di SDN 2 Kotabangon. (foto : Ist)

Tim Pembina Adiwiyata Kunjungi Sejumlah Sekolah

KOTAMOBAGU, Bulawanews.com – Tim Peninjau sekolah adiwiyata Kotamobagu yang terdiri dari unsur Dinas Lingkungan Hidup kembali melaksanakan pembinaan, terhadap sekolah-sekolah yang masuk dalam nominasi.

Kunjungan tersebut bermaksud untuk meninjau kesiapan sekolah-sekolah sebelum dilakukannya penilaian yang dijadwalkan pada bulan Juli 2021 menadatang. SDN 3 Moyag, menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi.

Menurut Kepsek SDN 3 Moyag, Elha Kolondam, Kunjungan tim pembina kali ini adalah untuk mengecek kesiapan dari sekolah yang ia pimpin dalam menghadapi penilaian nanti.

“Evaluasi yang dilakukan oleh tim Adiwiyata kali ini, lebih mengarah pada mengedukasi warga sekolah khususnya siswa agar ikut menjaga kebersihan lingkungan, dengan mengedepankan partisipasi serta program-program yang dapat medukung pada penilaian nanti,” kata dia.

Terpisah, salah satu anggota tim Pembina Adiwiyata Kotamobagu sekaligus dari LSM Lembaga Pemantau Pelayanan Publik Totabuan (LP3T), Reza David Wullur mengatakan, kunjuang mereka ke sekolah-sekolah adalah untuk melihat sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan di Sekolah.

“Selama ini yang menjadi persoalan lingkungan hidup adalah sampah. Untuk itu, setiap sekolah calon adiwiyata, perlu menyediakan tempat sampah organik dan non organik di setiap sudut kelas,” ungkapnya, Jumat (18/6/2021).

Menurutnya, bukan hanya tempat sampah saja, namun sekolah harus mempunyai bank sampah. karena menurutnya setiap adanya bank sampah pasti harus ada struktur, penanggung jawab kepala sekolah, koordinatornya guru selanjutnya struktur kebawah adalah seluruh siswa.

“Sekolah juga perlu melaksanakan pengomposan daun-daun kering ataupun sisa-sisa makanan yang terbuang untuk menjadikan pupuk,” tandasnya. (mg1)

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

VIZZ PIZZA Rotinya Lembut Dengan Macam Variasi Toping

KULINER, BULAWANEWS.COM –  Pencinta Pizza, tidak ada salahnya untuk mencoba VIZZ PIZZA rasanya sudah disesuaikan ...