Demokrat dan Aspirasi Masyarakat Indonesia

BULAWANEWS.COM, KOTAMOBAGU – Di tengah hilangnya rasa percaya masyarakat kepada pemerintahan saat ini, Partai Demokrat yang kini dinahkodai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi salah satu partai yang selalu tampil terdepan dalam mengawal aspirasi masyarakat Indonesia.

Salah satu perjuangan Partai Demokrat di masa kepemimpinan AHY saat ini, adalah keputusan Fraksi Partai Demokrat DPR RI yang mengambil sikap untuk “wolk out” dalam sidang paripurna pengesahan undang-undang Cipta Kerja, 2020 lalu.

Kala itu pengesahan undang-undang Omnibus Law, juga mendapat penolakan dari masyarakat yang ditandai aksi unjuk rasa oleh para buruh dan mahasiswa.

Sakin Kokohnya persatuan di tubuh partai Besutan AHY ini, saat sedang gencar-gencarnya semangat penolakan UU Cipta Kerja oleh masyarakat, bukan hanya di tingkat pusat saja Partai Demokat memperlihatkan perlawanan.

Ini dapat dilihat dari pro-aktifnya kader partai ini ditingkat Kabupaten/Kota untik mengawal aspirasi masyarakat soal UU Cipta Kerja itu.

Salah satunya, DPC Partai Demokrat Kotamobagu, yang sangat keras menolak UU Cipta Kerja.

Sebagaimana yang diungkapkan Ketua DPC Kotamobagu, Ir Ishak R Sugeha ME ketika diwawancarai beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa papa Yogi ini menjelaskan, ada lima poin yang menjadi dasar bagi partai besutan SBY ini menolak undang-undang Cipta Kerja.

“Pertama, tidak ada nilai urgensi dan kondisi mendesak ditengah Pandemi Covid-19 untuk sesegera mungkin UU  ditetapkan; kedua, proses dan tahapan pembahasannya cacat subtansi dan cacat prosedur karena pembahasannya tidak transparan dan dipaksakan, yang ketiga; Tidak mencerminkan nilai pancasila terutama Sila Keadilan sosial, Ke empat, tidak menghargai dan mengakomodir hak-hak para buruh dan pekerja dan cenderung menguntungkan Pengusaha, dan yang terakhir, UU cipta kerja perlu ada pendalaman dan pembahasan satu persatu secara spesifik dan subtantif sebelum ditetapkan,” pungkasnya.

Selain mengawal aspirasi melalui jalur-jalur legislatif di tingkat pusat, Partai Demokrat juga terus melakukan penyerapan aspirasi masyarakat, itu dapat dilihat dengan langkah-langkah yang di lakukan oleh ketua umun AHY, dengan sering melakukan kunjungan ke tiap-tiap daerah di seluruh Indonesia.

Langkah tersebut tentunya menjadi salah satu hal yang membuat semangat para kader, hingga keinginan masyarakat akan bangkitnya partai Demokrat dalam mengawal aspirasi mereka kedapan, terus mengalami peningkatan.

Terbukti, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Analis dan Konsultan Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), yang dimulai sejak tanggal 27 Mei – 1 Juni 2021 lalu, untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nama Ketum AHY, menjadi salah satu tokoh yang mengisi posisi ke tiga dengan presentasi 15,51 persen.

Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan Herry Mendrofa, Direktur Eksekutif CISA melalui siaran persnya, Juni lalu.

“Anies, AHY, Ganjar, Prabowo dan Erick adalah figur yang menempati lima besar elektabilitas tertinggi dari yang lainnya. Kemudian kita cek ulang di lima besar daerah yang basis sampelnya terbesar juga. Hasilnya di Jawa Timur, Ganjar, AHY dan Prabowo cukup kuat elektabilitasnya apalagi dominasi Ganjar yang masih sulit untuk ditumbangkan di Jawa Tengah. Sedangkan Anies, Prabowo dan AHY memimpin di Jawa Barat. Praktis Ganjar tumbang di DKI Jakarta karena kecenderungan responden memilih Anies, AHY dan Erick Tohir. Namun di Sumatera Utara peluang keterpilihan baik Anies, AHY dan Ganjar cukup proporsional serta sisanya ada nama Prabowo dan Erick Tohir,” ucapnya.

Bahkan keinginan masyarakat untuk mendukung Partai Demokrat, juga ikut terdongkrak, betapa tidak, saat ini berdasarkan survei elektabilitas Partai Politik (Parpol), jika Pemilihan Legislatif (PILEG) dilakukan hari ini maka Partai Demokrat menunjukkan peningkatan elektabilitasnya.

“Di posisi kedua ada Partai Demokat yang menunjukkan eskalasi keterpilihan di angka 13,22 persen,” ucapnya.

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

Awal Oktober, PSTI Gelar Kejuaraan Sepak Takraw Tingkat Kotamobagu

BULAWANNEWS.COM,KOTAMOBAGU-Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kotamobagu, bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kotamobagu ...