BAZNAS Siap Tingkatkan Kerjasama Dengan Kantor Pajak

KOTAMOBAGU,BULAWANEWS.COM – Guna mendukung penyerapan pajak dan zakat di Kotamobagu, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Kotamobagu berencana akan meningkatkan kerjasamanya dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kotamobagu. Hal ini sebagaimana diungkapkan Ketua BAZNAS Kotamobagu, Jainudin SP.

Menurutnya, zakat dan pajak memiliki beberapa kemiripan, terutama dalam hal orientasi outputnya, yakni sama-sama ingin menopang visi misi pemerintah memajukan pembangunan.

“Ada banyak kemiripan antara pajak dan zakat. Keduanya sama-sama sebuah kewajiban. Kewajiban sebagai warga negara, dan kewajiban selaku umat beragama. Hanya ranahnya yang berbeda. Jika pajak lebih ke ranah pembangunan infrastruktur bangsa, sedang zakat lebih kearah pembangunan spiritual bangsa,” papar Jain, panggilan akrab Ketua Baznas termuda di Indonesia ini.

“Lewat regulasi zakat yang ada, para muzaki atau pembayar zakat sudah tidak dibebani kewajiban ganda. Dimana setiap zakat yang mereka bayarkan, dapat mengurangi harta kena pajak, yang artinya bisa mengurangi beban pajak warga  Namun semua ini perlu sosialisasi bersama,” lanjutnya.

Jain juga, menekankan perlunya membayar zakat melalui badan atau lembaga amil resmi, yang dapat mengeluarkan bukti setor zakat (BSZ), agar dapat digunakan sebagai alat bukti pemotongan yang sah dan dapat diterima oleh kantor pajak saat pelaporan pajak nanti (*)

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

Baznas Kotambagau Menyambut Kunker Pimpinan Baznas Sulawesi Utara

KOTAMOBAGU, BULAWANEWS.COM – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Kotamobagu menyambut kunjungan kerja (kunker) Pimpinan ...