https://www.freepik.com/photos/hand

8 Tips Beli HP Online yang Aman dan Menjauhi Risiko Penipuan

Saat ini ponsel pintar menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sangat diperlukan selain sandang, pangan, dan papan. Hal ini karena berbagai macam informasi bisa Anda dapatkan melalui ponsel pintar dari berbagai macam media. Sehingga banyak sekali brand yang menawarkan berbagai jenis HP dengan spesifikasi yang mumpuni. Namun, Anda perlu tahu tips beli HP online yang aman karena sekarang banyak sekali modus penipuan jual beli hp secara online ini.

Seperti modus penipuan dengan mengirim box kosong setelah Anda melakukan pembayaran. Atau juga bisa ponsel yang dikirim ternyata HP second yang tidak bisa digunakan. Untuk itu Anda perlu tahu mengenai tips membeli hp secara online terlebih dulu untuk menghindari modus penipuan.

Cara Membeli HP Secara Online yang Aman

Pernah nggak Anda mendapatkan cerita orang beli HP di toko online, tetapi cuma dikirim box kosong? Atau yang udah transfer nih sekian juta dan tiba-tiba penjual menghilang tanpa jejak dengan ganti nomor dan nama akun jualannya yang entah ke mana.

Untuk menghindari kejadian seperti itu, wajib bagi Anda untuk tahu tips utama dalam membeli HP secara online agar terhindar tipu-tipu dari para penjual nakal. Cara membeli HP secara online dengan aman dapat Anda simak, berikut ini !

1. Pastikan Reputasi Toko atau Seller

Tips beli HP Online yang pertama dan mudah untuk dilakukan adalah dengan cek reputasi toko atau seller tersebut. Bagi yang memilih belanja di sebuah website bisa dicek dulu mengenai alamat resminya dan nomor yang bisa dihubungi.

Namun, bagi Anda yang memilih belanja di e-commerce tertentu, wajib melihat review para pembeli mulai dari bintang 5 sampai dengan bintang 1 dan bandingkan tanggapan mereka. Jadi, Anda tidak tergiur dengan akumulasi bintang yang terlihat bagus padahal ada juga yang mereview dengan bintang 1 – 2 karena kekurangan tertentu.

2. Tanyakan HP Secara Detil Kepada Seller

Cara kedua dengan bertanya langsung kepada seller mengenai HP yang ingin Anda beli. Bisa mulai dengan menanyakan spesifikasi dan apa saja yang bisa Anda lakukan dengan kelebihan HP tersebut.

Selain itu juga Anda bisa menanyakan tentang sistem garansi dan pengirimannya nanti seperti apa. Karena ada beberapa toko yang menggunakan layanan pengiriman yang mungkin saja sering bermasalah di daerah Anda.

3. Belanja di Aplikasi atau Website Resmi

Cara ketiga tentu saja belanja di aplikasi marketplace atau website resminya. Seperti marketplace terpercaya Blibli.com yang menyediakan toko official store sehingga terjamin keamanan dalam pembelian secara online.

Selain itu toko resmi ini biasanya juga memiliki diskon tertentu sehingga ketika membeli Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Lumayan kan kalau ada selisih 50 sampai 100 ribu.

4. Pastikan Ada Garansi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya lebih baik membeli di toko atau website resminya. Hal ini karena mereka memiliki garansi resmi apabila terjadi kerusakan pada barang ketika sampai di tangan Anda. Sehingga Anda tidak akan merasa rugi dan bisa langsung meminta pertanggungjawaban toko tersebut.

Garansi ini juga berlaku pada HP yang Anda gunakan jika terjadi kerusakan selama pemakaian dalam kurun waktu sebulan atau dua bulan. Dengan menunjukkan garansi, Anda bisa mendapatkan gratis service atau potongan harga di layanan official mereka.

5. Cek Kelengkapan Barang

Sebelum membeli, Anda wajib cek kelengkapan barang yang akan Anda terima. Seperti kelengkapan umum ada charger, earphone, softcase, dan lain-lain. Anda juga bisa tanyakan langsung kepada seller mengenai kelengkapan barang sebelum benar-benar melakukan check out.

Karena bisa jadi, mereka kehabisan barang tertentu yang melengkapi pembelian Anda.

6. Cek Deskripsinya Secara Detail

Orang Indonesia biasanya sangat malas jika disuruh untuk membaca padahal ketika membeli di toko online seperti HP ini wajib sekali membaca deskripsi secara mendetail. Di sini Anda bisa cek spesifikasi barang, harga, cara pengiriman, estimasi waktu pengiriman, hingga layanan pengiriman apa yang toko tersebut gunakan.

Juga, biasanya terdapat review yang bisa Anda cek terlebih dulu agar bisa mendapatkan kredibilitas toko tersebut.

7. Gunakan Metode Pembayaran yang Sesuai

Di toko online atau marketplace biasanya menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Mulai dari transfer bank atau metode cash on delivery (cod). Nah, apabila Anda merasa takut ketika ingin melakukan transfer, Anda bisa memilih metode pembayaran dengan menggunakan sistem COD ini atau Cash on Delivery. Sehingga Anda tidak perlu khawatir uang Anda dibawa kabur karena Anda akan membayar apabila HP sudah berada di tangan Anda.

8. Pilih Jasa Pengiriman yang Terpercaya dan Mudah Dihubungi

Menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya ini sangatlah wajib karena beberapa jasa pengiriman biasanya kurang bisa dihubungi. Mengapa harus memilih jasa pengiriman yang mudah dihubungi? Karena apabila mereka tidak segera mengirimkan barang, Anda bisa menghubungi dan mengambil barang Anda secara langsung di cabang pengirimannya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir barang hilang di tengah jalan.

Itu dia 8 tips beli HP online yang bisa Anda lakukan. Oh iya, tidak lupa rekomendasi untuk HP yang memiliki spesifikasi mumpuni dan sedang booming dibicarakan kalangan milenial karena harganya yang terjangkau saat ini adalah hp infinix. Infinix menyediakan berbagai macam jenis HP dengan spesifikasi yang bisa Anda gunakan untuk fotografi, game, kebutuhan kantor, dan lain-lain.

HP dengan merk Infinix ini bisa Anda temukan di Blibli.com, yang merupakan salah satu e-commerce di Indonesia dan sangat terpercaya. Sehingga Anda dapat menemukan berbagai barang berkualitas seperti ponsel jenis ini.

Blibli menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan pokok dan keperluan gaya hidup lainnya. Kami telah berkomitmen untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan belanja kepada konsumen.

Blibli juga menyediakan pembayaran secara Cash On Delivery (COD) untuk Anda. Sehingga semakin mempermudah Anda dalam berbelanja maupun melakukan pembayaran. Untuk info lengkap mengenai pembayaran COD ini bisa Anda cek di Blibli.com yaa. Jangan lupa pantau, baca, dan check out.

Komentar Facebook