Calon Sangadi Desa Mopuya Selatan

Mengenal Lebih Dekat Sosok Pak Guru Muzayin, Calon Sangadi Mopuya Selatan Yang Karismatik

Bolmong, Bulawanews.com — Perhelatan pemilihan Kepala Desa/Sangadi (Pilsang) di Kabupaten Bolmong, yang diikuti 96 Desa dari 200 desa, periode 2022-2028 yang rencananya akan diselangarakan 2 Februari mendatang bakal seru dan menegangkan, Pasalnya kontestasi kali ini diikuti oleh putra-putri terbaik dengan berbagai latar belakang yang cukup mumpuni untuk memimpin desa-desa di Bolmong.

Muzayin, S,Ag, M. Pd, 59 Tahun, warga Desa Mopuya Selatan, Kecamatan Dumoga Utara, adalah pria karismatik yang turut terpanggil untuk memperebutkan kursi Sangadi dengan bermodalkan kepercayaan dan dorongan masyarakat serta persetujuan dari keluarga, dirinya siap untuk membangun Desa Mopuya Selatan yang transparan dan berkeadilan.

Calon Sangadi Desa Mopuya Selatan

Pak Guru Muzayin, sapaan akrabnya, memulai karir birokrat di Kantor Urusan Agama, Kecamatan Wenang, Kota Manado paskah lulus pengangkatan ASN Tahun 1989 dengan modal ijazah Madarasah Aliyah. Yang mana, pada saat lulus pengangkatan ASN tersebut dirinya sedang menempuh pendidikan semester 6 di Institut Agama Islam Sulut (IAI).

Setelah memdapatkan gelar sarjana jurusan Tarbiyah, Pak Guru Muzayin ikut penyesuaian golongan dan ditugaskan mengajar di MTS PKB,

Berjalan waktu, Karna diminta keluarga untuk menemani sang Ibu yang hanya tinggal sendiri di rumah, Pak Guru Muzayin memutuskan untuk balik ke kampung halamannya di Desa Mopuya Selatan, dan menjadi guru di MTSN Mopuya selama setahun kemudian diangkat jadi Kepala Sekolah pada tahun 2000. Berselang beberapa waktu setalah berpindah-pindah tugas sebagai abdi negara dari pengawas, kemudian Kasi PAI Kantor Kementrian Agama Bolaang Mongondow dijaman Bupati Marlina, Pak Guru
Muzayyin pensiun dri ASN pada tahun 2020 dilantor Kemenag Bolsel.

Dengan track record yang baik tersebut, menjadi dasar masyarakat Desa Mopuya selatan mendukung penuh jika Pak Guru Muzayin layak untuk menjadi Sangadi.

” Saya, sangat setuju jika pak Guru yang jadi Sangadi, beliau adalah sosok yang jujur dan tegas dalam segala hal, terlebih persoalan kepentingan masyarakat., ” Ujar salah satu warga kepada media ini, Jum’at, (19/11/2021)

Bahkan, sambung warga lainnya, Semenjak Pak Guru menjadi ketua BPD tiga periode, dirinya selalu memperjuangkan hak-hak pedagang yang berjualan dipasar Mopuya.
” Semoga Allah akan menjadikan beliau Sangadi di Desa ini, ” Harap warga yang berprofesi pedagang di pasar Mopuya.

Adapun visi dan misi yang disampaikan  Muzayin kepada media ini, bahwa jika dirinya terpilih nanti, langkah awal yang akan diambil adalah manfaatkan sumber-sumber pendapatan  asli desa untuk digunakan meningkatkan kesejahteraan warga Mopuya Selatan.

Menurutnya, banyak potensi yang bisa dimanfaatkan di desa Mopuya Selatan untuk mendapatkan PADes, salah satunya dari sektor Pertanian.
” Perlu penangan khusus untuk meningkatan sumber penghasilan warga dari sektor pertanian terlebih disaat pandemi saat ini, maka diperlukan pemimpin yang faham akan hal itu, ” Terang Muzayin.

Tak hanya itu, Dari segi perdagangan. Jika dalam pengelolaannya dilakukan secara transparan tentu akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terlebih para pedagang.

” InsyaAllah, kedepannya jika terpilih Sangadi, saya akan merubah mekanisme-mekanisme pengelolaan sumber daya yang ada didesa ini, baik dari cara pengelolaan anggaran Dana Desa maupun anggaran pendapatan asli desa ini. Sebab, semasa saya menjadi ketua BPD semua masukan dan permintaan saya terkait dengan kemaslahatan orang banyak terkesan tak diindahkan,” Tutur Pak Guru Muzayin.

Oleh karenanya, lanjut Munzayin, dengan posisi sebagai Sangadi tentu kewenangan akan sangat berbeda, segala apa yang menjadi motivasinya untuk menjadikan Desa Mopuya Selatan ini lebih baik lagi kedepannya akan terlaksana.
” Untuk mencapai hal itu, perlu kerja sama antar sesama dan kekuatan dari Allah SWT. ” Ucapnya.

Diakhir wawancara beliau juga berpesan kepada  warga Desa Mopuya Selatan untuk selalu menjaga solidaritas dan kenyamanan dalam berdemokrasi nantinya, tetap patuhi protokol kesehatan guna menekan penyebaran covid19. (Salman)

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

Dukungan Masyarakat Tomohon Goncang Pilkada: WLMM di Ambang Kemenangan

BULAWANEWS.COM, TOMOHON –  Penatua Michael Mait menghadiri pertemuan dengan komunitas anak-anak Kereng, Sabtu malam, 20 ...