Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-dan-wanita-berjalan-di-lapangan-rumput-hijau-6324374/

7 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula   

OLAH RAGA, BULAWANEWS.COM – Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan atau hobi yang sangat menyenangkan. Selain itu, mendaki juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan stres dan Anda lebih bugar. Untuk yang baru ingin mencoba, pastikan tahu tips naik gunung untuk pemula yang tepat.

Mendaki meski menyenangkan tentu punya risiko tersendiri. Karena medan yang akan Anda lalui saat mendaki gunung tentu tidak mudah, salah-salah bisa membuat Anda cedera.

7 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Naik Gunung

Sebelum mendaki gunung, Anda harus memahami berbagai hal terlebih dahulu. Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk mendaki gunung aman dan nyaman sejak naik ke atas sampai turun ke bawah.

1. Latihan Keseimbangan

Cara mendaki gunung agar tidak cepat lelah adalah dengan latihan keseimbangan terlebih dahulu. Pertama-tama Anda bisa melakukan latihan otot secara rutin pada bagian otot kaki. Latihan ini akan membantu kaki Anda agar tidak merasa kaget ketika akan mendaki gunung, apalagi jika langsung melakukan pendakian dengan trek yang cukup sulit.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk memilih gerakan senam dengan gerakan-gerakan yang bisa melatih keseimbangan. Kegiatan olahraga untuk latihan keseimbangan ini, bisa dilakukan secara rutin baik pagi atau sore untuk persiapan pendakian yang matang.

2. Cara Mendaki yang Tepat

Setelah latihan keseimbangan dengan beberapa gerakan olahraga, Anda juga wajib tahu cara mendaki gunung yang tepat. Saat naik gunung, kaki Anda harus selalu lentur agar saat menapakkan kaki di tanah bisa fokus pada pijakan.

Ketika kaki Anda kaku, tentu Anda juga tidak akan rileks saat naik gunung. Hal ini bisa memungkinkan cedera yang semakin meningkat. Saat sudah cedera tentu akan membuat Anda kesusahan atau bahkan harus membatalkan kegiatan mendaki karena bisa berbahaya bagi diri sendiri.

3. Persiapan Perlengkapan Saat Mendaki

Biasanya para wanita suka melakukan berbagai persiapan untuk kegiatan yang seru termasuk mendaki. Persiapan mendaki gunung untuk perempuan, salah satunya dengan menyiapkan perlengkapan yang dibawa saat mendaki gunung. Tentu saja mendaki gunung harus prepare berbagai peralatan penting saat di sana nanti tidak kesulitan.

Agar kegiatan mendaki Anda tetap lancar maka harus membawa berbagai peralatan mulai dari jaket, tenda, tas kecil, matras, sleeping bag dan yang tidak kalah penting adalah sepatu gunung yang nyaman dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang ingin mencari produk-produk naik gunung yang tepat maka bisa memilihnya dari merek Eiger. Produk dari merk ini,  sudah tidak diragukan lagi masalah kualitas dan kenyamanannya saat dipakai.

4. Makanan dan Minuman

Selain persiapan alat-alat yang penting saat naik gunung, Anda juga wajib memperhatikan makanan dan minuman yang akan dibawa naik ke atas. Tips naik gunung untuk pemula, jangan membawa makanan atau minuman terlalu sedikit karena Anda bisa kelaparan dan kehausan ketika mendaki.

Namun juga perlu diperhatikan, tidak boleh membawa makanan dan minuman yang terlalu banyak karena akan menyusahkan saat membawanya ke atas. Anda bisa memfilter makanan yang mudah dibawa dan paling penting adalah punya kandungan kalori dan karbohidrat.

Selain itu, bawa makanan dan minuman dengan kemasan yang tidak terlalu besar. Hal ini supaya tidak membuat Anda merasa terbebani saat mendaki.

5. Pengecekan Lokasi dan Cuaca

Sebagai pemula maka Anda wajib sekali mengecek lokasi pendakian dan juga cuaca di sana. Jika cuaca sedang tidak baik, maka sebaiknya ubah rencana pendakian ke tempat lain atau tunggu sampai cuacanya benar-benar bisa dikondisikan. Untuk mengetahui bagaimana cuaca di tempat pendakian, maka Anda bisa memeriksa ramalan cuaca atau bisa juga menanyakan kepada pos penjaga pos pendakian.

Jika sedang ada kabut tebal atau hujan besar sebaiknya urungkan niat terlebih dahulu. Saat cuaca buruk pendakian menjadi semakin beresiko dan bisa berdampak fatal pada diri sendiri.

6. Pilih Sendiri Atau Bersama Teman 

Mendaki gunung tentu saja bisa Anda lakukan sendiri atau bersama orang lain bahkan kelompok. Ada banyak orang yang memilih untuk naik gunung sendirian, sebagai salah satu cara melampiaskan rasa stres atau mencari ketenangan.

Tetapi ketika Anda adalah pemula, maka sebaiknya jangan melakukan pendakian sendiri terlebih dahulu karena cukup berbahaya. Apalagi jika ingin mendaki pada jalur atau trek pendakian yang sulit. Anda bisa mengajak atau ikut dengan teman yang memang sudah profesional saat naik gunung agar lebih aman.

7. Tidak Boleh Buang Sampah Sembarangan

Hal yang dilarang saat mendaki gunung adalah membuang sampah di gunung. Namun ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dan melakukan hal ini, sehingga cukup mencemari dan mengotori gunung.

Gunung yang indah tentu saja harus dijaga dan dirawat kelestariannya, karena merupakan salah satu anugerah terindah dari Tuhan. Daripada membuang sampah di gunung, Anda bawa saja sampah-sampah yang dihasilkan selama naik gunung turun ke bawah.

Itulah beberapa tips naik gunung untuk pemula. Bagi Anda yang ingin mencoba naik gunung untuk men-challenge diri atau mencari hobi baru, maka wajib terapkan beberapa tips di atas. Naik gunung tentu membutuhkan beberapa persiapan peralatan, Anda bisa pilih peralatan mendaki dari merk yang tepat pula salah satunya Eiger. Untuk Anda yang sedang mencari produk ini, maka paling tepat mendapatkannya hanya di Blibli.

Di Blibli Anda bisa menemukan katalog Eiger lebih lengkap, terutama untuk peralatan naik gunung. Produknya sudah pasti original dengan harga yang terjangkau jika dibanding dengan marketplace lain. Segera kunjungi Blibli sekarang juga, baik lewat aplikasi maupun website resminya di Blibli. (*)

 

Komentar Facebook