Gugatan PT. RJM Menang di PN Kotamobagu, Sangadi Wajib Bayar Solar Cell

Bolmong, Bulawanews.com — Gugatan yang dilayangkan oleh PT. Rukun Jaya Mandiri (PT.RJM) terhadap Sangadi sebagi tergugat di Pengadilan Negeri Kotamobagu akhirnya membuahkan hasil. Sebagaimana Putusan yang dibacakan Hakim tunggal PN Kotamobagu Junita Beatrix MA’I, SH, MH, Selasa, (01/03/03), bahwa seluruh gugatan PT. RJM dikabulkan dan dinyatakan menang.

Dari pantauan wartawan media ini, Hakim Junita menilai kontrak atau perjanjian yang ditanda tangani oleh Perusahaan RJM dan Sangadi adalah sah sesuai dengan perundang-undangan. Sehingga dinilannya dengan tidak dibayarkannya pengadaan lampu tersebut oleh Sangadi maka dinyatakan sangadi wanprestasi atau ingkar janji.

” Berdasarkan peraturan Bupati bahwa sangadi adalah penanggung jawab penuh terhadap pengelolaan Dana Desa maka dengan tidak dibayarkannya pengadaan tersebut dinyatakan sangadi telah ingkar janji (wanprestasi), sehingga menimbulkan kerugian materil dan immateril,” Jelas Hakim Junita saat membacakan putusan di PN Kotamobagu

Pun dilanjutkannya, sehingga demikian Sangadi dalam hal ini sebagai tergugat diwajibkan untuk membayar kerugian yang dialami oleh perusahan RJM baik nilai kontrak lampu maupun denda bunga keterlambatan pembayaran. Dan ditegaskan pula dalam putusan tersebut kepada para turut tergugat baik DPMD maupun Pemda Bolmong untuk tunduk dan patuh terhadap apa yang telah menjadi putusan Hakim.

Usai pembacaan putusan, Kuasa hukum RJM, Ricci, SH, MH kepada awak media mengungkapkan rasa syukurnya atas apa yang diputuskan Hakim tunggal PN Kotamobagu Junita Beatrix, menurutnya putusan hakim tersebut sudah sesuai dengan fakta di lapangan bahwa yang dirugikan akibat persoalan ini adalah perusahan.

Dilain pihak, Asisten 1 Bolmong, Deker Rompas yang juga hadir dalam persidangan pembacaan putusan tersebut saat dimintai tanggapan mengatakan akan berkoordinasi dengan pimpinan apakah ada upaya hukum kedepan.

” Terkait upya hukum kedepan akan berkoordinasi dengan pimpinan, ” Jelas Deker kepada awak media usai sidang.
(**)

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

Pemkot Utus FAD Pada Peringatan Hari Anak Sedunia

BULAWANNEWS.COM,KOTAMOBAGU-Forum Anak Daerah (FAD) Kotamobagu, mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Sedunia (HAS) dan ...