Sumber foto: https://unsplash.com/photos/jcJFOwBTEck?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Mengenal Fitur Fast Charging di HP Kekinian

LIFESTYLE,BULAWANEWS.COM – Berbagai model HP terkini sekarang sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, hal ini menjadi daya tarik baru untuk sebuah ponsel pintar.

Fitur ini memungkinkan smartphone lebih cepat mengisi daya dibanding biasanya.. Tentunya hal ini akan menghemat waktu tunggu saat smartphone Anda habis baterai.

Fitur fast charging merupakan teknologi yang bisa dibilang baru. Teknologi ini ramai digunakan belum sampai satu dekade terakhir.

Menurut laman Kumparan, teknologi fast charging pertama kali dikembangkan pada 2012 oleh perusahaan smartphone asal Tiongkok, OPPO.

Teknologi ini perlu dikembangkan hingga dua tahun sebelum akhirnya dirilis oleh OPPO dengan sebutan fast charging VOOC pada 2014. Setelah itu muncullah teknologi serupa dari berbagai brand smartphone ternama. Seringnya, fitur ini disematkan untuk smartphone menengah ke atas.

Mengetahui Fitur Fast Charging Pada HP

Fitur fast charging ini secara umum memanfaatkan arus statis untuk mengisi daya baterai dari nol hingga maksimal. Pengisian akan melambat semakin baterai mendekati angka 100%. Hal ini dilakukan untuk menghindari baterai menjadi terlalu panas atau overcharge.

Oleh karena itu, fitur fast charging bisa menjadi maksimal apabila pengisian baterai dilakukan benar-benar dari nol hingga 100%. Apabila dimulai dari 60%, kemungkinan besar fast charging hanya aktif sebentar dan dilanjutkan dengan pengisian daya seperti biasa.

Biasanya,charger untuk fitur fast charging memiliki daya yang besar, minimal 15 watt. Daya itu nantinya akan dibagi menjadi arus yang memiliki satuan Ampere dan tegangan dalam volt.  Setiap sistem fast charging memiliki pembagiannya masing-masing tergantung kebijakan produsen smartphone.

Tak hanya charger yang khusus, smartphone yang bisa menerima fast charging juga dirakit menggunakan teknologi khusus yang membuat smartphone tidak cepat panas atau tetap aman meskipun menerima tegangan dan arus yang tinggi.

Hal tersebut jugalah yang membuat fast charging seringnya tidak aktif apabila Anda menggunakan kepala charger bukan bawaan, atau sebaliknya, smartphone bukan fast charging tidak bisa mengaktifkan fitur tersebut meskipun menggunakan chargher fast charging.

Untuk smartphone yang belum fast charging, sebaiknya tidak menggunakan chargher yang fast charging. Karena daya yang lebih besar dari biasanya bisa membuat masa pakai baterai berkurang drastis, bahkan bisa drop.

Setelah popularitas fast charging meningkat pesat, kini banyak produsen smartphone mengembangkan sistem fast charging mereka sendiri. Mulai dari VOOC milik OPPO. Ada Quick Charge yang dikembangkan Qualcomm. Ada Dash Charge dari OnePlus. Teknologi Pump Express dikembangkan oleh MediaTek. Raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung dengan Adaptive Fast Charging, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda sedang mencari smartphone yang sudah fast charging, salah satu produk yang direkomendasikan adalah Samsung Galaxy A15 5G. Smartphone yang satu ini merupakan salah satu varian terbaru dari Samsung.

Samsung Galaxy A15 5G ini dibekali dengan baterai super besar 5000 mAh yang diklaim bisa tahan seharian penuh. Keistimewaannya tak berhenti sampai disitu, karena smartphone ini sudah dibekali dengan charger fast charging 15 watt.

Bagi Anda yang berminat dengan ponsel terbaru samsung galaxy a14 5g, bisa mendapatkannya di Blibli. Mal online terbesar di Indonesia ini menyediakan ponsel-ponsel terbaru dengan harga miring dan produknya dijamin asli dan bergaransi resmi. Buruan akses Samsung Official Store di Blibli untuk mendapatkan harga khusus flash sale.

Seluruh pembelian di Blibli dijamin menggunakan packing aman, sehingga pembeli bebas khawatir kalau barangnya akan rusak. Terlebih lagi, belanja di Blibli dijamin gratis ongkos kirim.(*)

 

 

Komentar Facebook