MPLS, SMAS Theodorus memberikan perhatian dan dukungan yang penting kepada siswa baru

MPLS di Smas Katolik Theodorus Kotamobagu: Membantu Siswa Baru Beradaptasi

BULAWANEWS.COM , PENDIDIKAN – Sekolah Menengah Atas Katolik Theodorus Kotamobagu, sebuah lembaga pendidikan bergengsi di daerah tersebut, akan menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para siswa baru pada tanggal 10-12 Juli 2023. MPLS ini diikuti oleh 92 siswa baru yang baru saja diterima di sekolah tersebut.

MPLS memiliki peran penting dalam membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru bagi mereka. Kepala Sekolah, Suster Elisabeth Sri Utami OSU MPd, melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Feilani Towaki. S. Fils, menjelaskan pentingnya MPLS dalam membantu siswa baru merasa nyaman dan siap untuk melanjutkan studi di Theodorus.

Tidak hanya memperkenalkan lingkungan sekolah secara fisik, MPLS di Theodorus juga memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai dasar yang menjadi landasan sekolah.

Salah satu nilai dasar yang menjadi fokus adalah nilai Serviam, yang berasal dari bahasa Latin yang berarti “Aku Melayani”. Nilai ini menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari di Theodorus, di mana siswa diajarkan untuk melayani orang lain dengan kasih sayang dan tanggung jawab.

Selama tiga hari MPLS, siswa baru akan terlibat dalam berbagai kegiatan interaktif yang melibatkan mereka dalam kehidupan sekolah.

Mereka akan mengikuti orientasi ruang kelas, berkenalan dengan guru dan staf sekolah, serta mengikuti sesi diskusi mengenai tata tertib sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia.

Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kehidupan di Theodorus kepada siswa baru.

Selain itu, MPLS juga memberikan kesempatan bagi siswa baru untuk berinteraksi dengan siswa-siswa senior yang telah lebih berpengalaman di Theodorus.

Melalui kegiatan mentoring dan pembinaan yang dipandu oleh siswa-siswa senior, siswa baru dapat memperoleh informasi dan bimbingan yang berguna untuk menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan dalam perjalanan mereka di Theodorus. Interaksi ini juga membantu siswa baru dalam membangun relasi sosial yang positif di sekolah.

MPLS juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan membangun kebersamaan di antara seluruh anggota komunitas sekolah.

Para guru berperan sebagai pembimbing dan fasilitator dalam kegiatan MPLS, sehingga siswa baru merasa diterima, didengarkan, dan dihargai dalam lingkungan sekolah baru mereka.

Melalui MPLS di Smas Katolik Theodorus Kotamobagu, diharapkan para siswa baru dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, merasa nyaman, dan siap menghadapi perjalanan studi mereka di Theodorus.

MPLS juga menjadi kesempatan bagi siswa baru untuk mengenal nilai-nilai dasar Serviam yang menjadi landasan dalam kehidupan sekolah dan membentuk karakter mereka sebagai penerus bangsa yang berkomitmen untuk melayani dengan kasih sayang dan tanggung jawab.

Dengan adanya MPLS, Theodorus memberikan perhatian dan dukungan yang penting kepada siswa baru, sehingga mereka dapat mengatasi perasaan cemas dan kebingungan saat memulai perjalanan baru di sekolah tersebut. MPLS merupakan langkah awal yang positif untuk membangun koneksi antara siswa baru, siswa senior, dan seluruh staf sekolah, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung di Theodorus Kotamobagu. (*/Jo)

Komentar Facebook