Siswa SMP 2 Kotamobagu Raup Keuntungan dari Sampah Terpilah

Bank Sampah Modarit Membuat Lingkungan Bersih dan Siswa Sejahtera

BULAWANEWS.COM, PENDIDIKAN – SMPN 2 Kotamobagu, Kelurahan Matali, telah mengembangkan program inovatif melalui Bank Sampah Modarit, yang menampung, memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi ke pasar (pengepul/lapak).

Di bawah arahan Kepala Sekolah Irvan Arif, S.Pd. MM dan Guru Pembimbing Mohamad Budi Hatam, S.SI, program ini mengajarkan siswa dan siswi cara mengelola sampah dengan bijak.

Ketua Rastra, A Pratama Sairi, menjelaskan bahwa bank sampah ini mendidik siswa tentang pentingnya pengelolaan sampah dengan metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Sampah yang disetorkan oleh nasabah harus sudah terpilah, seperti kertas dan plastik. Dengan cara ini, sampah yang sebelumnya dianggap tidak berguna dapat diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi. Para siswa yang aktif menabung sampah mendapatkan keuntungan ekonomi dari hasil penjualan sampah tersebut.

Selain manfaat ekonomi, bank sampah ini juga berkontribusi besar terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah. Gerakan memilah dan menyetorkan sampah membantu mencegah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah yang tidak bisa terurai.

Program ini dijalankan oleh pengurus yang terdiri dari Sekretaris Marwah S Korompot, Bendahara Reyna A Babo, serta berbagai seksi lainnya seperti Seksi Pemilahan yang dipimpin oleh Arga A Gani dan Ayu Tasha A. Mamonto, dan Seksi Penjualan yang dikelola oleh Nadilal Lantong dan Khania Irsa S Duda.

Melalui inisiatif ini, Bank Sampah Modarit tidak hanya meningkatkan kesejahteraan warga sekolah tetapi juga mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan kepada para siswa. Program ini menunjukkan bahwa dengan kerja sama dan pendidikan yang tepat, sampah dapat diubah menjadi sumber daya yang bernilai ekonomis dan membantu menjaga lingkungan tetap bersih. (Jo)

 

 

Komentar Facebook