BULAWANEWS.COM, KOTAMOBAGU – Pemikiran tentang Marhaenisme merupakan inti dari ajaran Soekarno dan ini original pemikiran politiknya.
Suatu pemikiran yang dikonsepkan oleh Soekarno tentang nasionalisme ekonomi membebaskan wong cilik dari belenggu kapitalisme barat dan feodalisme lokal.
Marhaenisme paham yang bertujuan untuk memperjuangkan nasib rakyat kecil, dalam pengertian lain juga merupakan ideologi politik yang tumbuh dan berkembang berdasarkan keadaan dan keinginan masyarakat Indonesia berasaskan sosio nasionalisme.
Sekelumit marhaenisme di atas memberi nuansa kepada kita bahwa marhaenisme memiliki jejak sejarah yang tidak bisa lepas dari nama besar Soekarno (Presiden pertama RI).
Bagaimana Soekarno mengenal Indonesia yang besar ternyata dimulai dari perjumpaannya dengan orang yang bernama Marhaen, seorang petani kecil di wilayah Jawa Barat. Nayodo Kurniawan (NK) yang aku kenal sejak dirinya masih di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
Perjumpaan ketika itu NK sebagai aktivis LSM dan saya sebagai Birokrat yang ditugaskan sebagai anggota Panitia Lelang pada kegiatan proyek CBD di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kabupaten Bolaang Mongondow jauh sebelum pemekaran daerah terjadi.
Dalam interaksi kawan dan sahabat memanggilnya dengan nama Nanang. Sosok yang akrab namun serius dan cermat dalam hal pekerjaan.
Dalam beberapa waktu saya putus komunikasi oleh karena kesibukan masing-masing dengan latar aktivitas yang berbeda. Sesekali bersua dimana saja tetap bertegur sapa sebagai orang yang sudah saling kenal.
NK tidak pernah berubah dalam pandangan saya oleh karena selalu respek pada saat ketemu.
Pribadi yang kritis dan selalu terbuka berdiskusi soal apa saja yang dia bisa sumbang saran atau sekedar memberi pendapat yang menurut keyakinannya harus disampaikan.
Sebelum jauh saya menelusuri apa benar Nayodo Kurniawan MARHAEN SEJATI, mari kita telisik bersama rekam jejaknya.
Pada tahun 1990 sebagai Mahasiswa Fakultas Hukum UNSRAT Nayodo Koerniawan tercatat sebagai Anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). sebagai kader GMNI sudah tidak diragukan lagi bahwa NK adalah sang Marhaen.
Dari sisi ideologi kader GMNI yang Pejuang Pemikir, Pemikir Pejuang NK tuntas asal muasalnya sebagai Marhaen.
Tahun 1991-1993 NK dipercaya sebagai Wakil Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum UNSRAT.
Gambaran bahwa NK sebagai aktivis mahasiswa terdepan dalam mengkonsolidasikan gerakan mahasiswa dikampusnya.
Jarum jam terus berputar dan pada tahun 2003-2008 NK terpilih sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow.
Saya bangga ketika mengetahui dirinya telah menjadi salah satu Komisioner KPUD Kabupaten Bolaang Mongondow saat itu.
Anak muda yang revolusioner progresif kemudian terpilih sebagai penyelenggara Pemilu sudah memiliki modal yang ditempah di berbagai lembaga.
NK pernah menjadi Advokat di Ibu Kota Jakarta, dalam catatan yang saya tanyakan langsung ke NK bahwa tahun 1996-1999 bekerja di Jakarta sebagai Advokat dibawah pimpinan W. J. Abraham Kiprahnya NK ternyata banyak bersentuhan dengan masyarakat dan umumnya masyarakat kecil.
Salah satu yang menginspirasi adalah pada tahun 2000 mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat “MOMINGKAD”’ Dan tahun 2000-2003 mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat ‘’MILINTAK’’tahun 2010 mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat ‘’SWARA BOBATO’’.
Eksistensi NK dalam memfasilitasi berbagai program pemberdayaan masyarakat diwujudkan dengan mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat sebagai alat membantu masyarakat yang kurang berdaya sekaligus menghimpun kawan-kawan aktivis dan pegiat sosial kemasyarakatan.
Perlu diketahui juga bahwa NK adalah Fasilitator terbaik Indonesia Timur pada Program Pemberdayaan Masyarakat tahun 2000.
Prestasi ini dicapai sebagai bukti bahwa NK begitu dekat dengan masyarakat kecil. Kecintaan dan kedekatannya dengan wong cilik sudah terpatri dalam dirinya sejak awal memulai kiprahnya dalam pengabdian kepada masyarakat.
Keberpihakan NK terhadap kepentingan kaum miskin yang kita kenal dengan wong cilik bukanlah isapan jempol belaka tapi fakta sejarah membangun/merintis karirnya pasca Reformasi.
Kedekatan dengan wong cilik sampai hari ini terpelihara oleh karena NK setiap saat selalu mendatangi langsung dengan kaum Tani untuk berdiskusi dan membagi berbagai pengalaman pemberdayaan masyarakat kepada kaum yang akrab dikenal dengan sebutan kaum Marhaen.
Hal kedekatan dengan kaum Tani disamping sudah komitmen dirinya NK juga sebagai Anggota Komisi Penyuluhan Pertanian.
NK tidak bisa jauh dengan petani sampai hari ini karena dia juga pegiat yang pro aktif mendatangi dan mencium bau keringat mereka tanpa jarak lagi.
Kita tinggalkan sejenak kedekatan NK dengan wong cilik untuk kita kembali melihat sepak terjang NK dalam turut berperan mengatur jalannya sistim di republik yang sama kita cintai.
Sejak pemekaran daerah dan tahun 2007 Kota Kotamobagu telah berdiri atas hasil Pemekaran Kabupaten Bolaang Mongondow dari empat Kabupaten dan satu Kota.
Ditahun 2008-2013 NK menjadi Ketua KPUD Kota Kotamobagu. Sukses sebagai penyelenggara pemilu, maka di tahun 2013-2017 kembali menjadi Komkisioner KPUD Kota Kotamobagu.
Periodesasinya 2013-2018 namun NK hanya sampai tahun 2017 kemudian menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketua KPUD Kota Kotamobagu dan sebagai Komisioner. Prestasi yang diraih selama menjadi Ketua KPUD Kota Kotamobagu adalah tahun 2014 penyelenggara KPUD terbaik se Sulawesi Utara dan ditahun yang sama mendapat penghargaan Penyelenggara KPUD BERINTEGRITAS Tingkat Nasional kategori Kabupaten/Kota.
Setelah mengundurkan diri NK dilirik dan diambil oleh PDI Perjuangan untuk NK bergabung dan masuk ke Partai PDI Perjuangan.
NK akhirnya memulai karir politiknya di tahun 2017 dan mulai sebagai anggota. Sebagai kader yang baru bergabung NK tidak kesulitan menyesuaikan oleh karena NK sejak Mahasiswa sudah menjadi kader Marhaen (anggota GMNI).
NK juga ternyata pengagum Bung Karno yang saya dapati, ini dapat dilihat dari koleksi buku buku bacaan tentang Bung Karno. Kami sering berdiskusi tentang tokoh yang sama-sama kami kagumi, pandangan-pandangan Soekarno tentang nation dan wong cilik mendapat tempat dihati dan pikiran minimal ketika di tanya siapa Soekarno bisa menjelaskan berdasarkan referensi yang sudah dibaca.
Ditahun 2018 menerima penugasan partai PDI Perjuangan sebagai Calon Wakil Walikota mendampingi petahana Ir, Hj, Tatong Bara dan akhirnya terpilih sebagai Wakil Walikota Kota Kotamobagu tahun 2018-2023.
TB-NK mengakhiri jabatannya tahun 2023 dengan sukses tanpa ada masalah sedikitpun Karir politik NK pasca berakhirnya jabatan sebagai Wakil Walikota periode 2018-2023, NK tetap konsisten sebagai kader Partai PDI PERJUANGAN.
Pada saat lima hari setelah berakhirnya jabatan sebagai Wakil Walikota Kota Kotamobagu saya mendatangi NK memberikan apresiasi karena telah menyelesaikan tugasnya dengan baik dan Kota Kotamobagu banyak prestasi selama kepemimpinan TB-NK. Di sela sela perbincangan kami sebagai sahabat, saya bertanya ikhwal memasuki tahun politik 2024. Agendanya apa nanti papa Kinan begitu saya menyapanya, saya tetap sebagai kader PDI PERJUANGAN jawaban yang secara spontan NK menjawab pertanyaan saya.
Jawaban cerdas menurut saya karena mungkin NK tahu pertanyaan saya pancingan soal agenda yang saya pertanyakan. NK melanjutkan perbincangan kami dengan menyampaikan, saya apapun yang terjadi tetap akan dan terus bersama PDI PERJUANGAN karena saya masuk secara totalitas. Saya bukan kader kutu loncat begitu tegas NK dipertemuan kami saat itu.
NK masuk ke partai PDI PERJUANGAN tidak terlepas dengan akar sejarah keluarga marhaen dari ayahandanya yang kala itu anggota PDI di era sebelum PDI Perjuangan lahir.
Akar sejarah inilah yang tidak banyak diketahui orang. NK secara biologis maupun ideologis adalah kader marhaen.
Disinilah saya menyimpulkan bahwa NAYODO KOERNIAWAN adalah MARHAEN SEJATI.
Untuk memastikan kesejatian seseorang sangatlah mudah oleh karena kita hanya membuka rekam jejaknya. Apakah dia konsisten disatu partai atau bagian dari kader kutu loncat.
NAH kalau dia kader kutu loncat kesejatiannya dimana. Kesejatian hanya dilihat dari rekam jejak karena rekam jejak akan menjawabnya.
PDI PERJUANGAN menjadikan ajaran Marhaen Soekarno sebagai ideologi politiknya. Karena Marhaen itu pemikiran memperjuangkan nasib wong cilik. NK selalu bersama dengan rakyat dan dapat dilihat dari aktivitas keseharian di suatu waktu diskusi dengan petani, dilain waktu silaturahmi dengan masyarakat langsung di 34 Desa dan Kelurahan yang ada di wilayah Kota Kotamobagu. Dan tidak lupa juga sering bersama dengan GenZ dan milenial Kotamobagu karena NK menyadari bahwa masa depan daerah ada ditangan generasi muda hari ini.
Konsistensi NK sejak masuk dalam dunia politik dan pilihannya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) sejak tahun 2017 sampat detik ini tidak pernah berubah dalam sikap sebagai kader PDI Perjuangan.
NK menyadari bahwa PDI Perjuanganlah yang mendidik dan membesarkannya di dalam partai politik. Disini penulis melihat NK memahami bahwa berpartai politik itu harus ideologis. Totalitas berpartai politik ditunjukkan dengan selalu bersama membangun kebesaran partai meskipun ada faktor-faktor yang dengan sengaja menghambat namun NK tetap tegar dan konsisten bersama PDI Perjuangan
Penulis : Hendra Makalalag
Pemerhati masalah sosial politik