Slamet Ramelan
Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Slamet Ramelan, SIK., SH., MH (Dua dari kanan)

Ciptakan Kondisi Kamtibmas, Kapolres Bolmong Lakukan Langkah Jitu

BULAWANEWS.COM,BOLMONG — Sejak dilantik pada tanggal 6 Juli 2022 lalu Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Slamet Ramelan, SIK., SH., MH terus melakukan langkah-langkah atau terobosan strategis dan inovatif dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah Kab. Bolaang Mongondow.

Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Slamet Ramelan, SIK., SH., MH

Menurut Kapolres Bolmong melalui Kasi Humas Iptu Herol Mantiri langkah-langkah tersebut meliputi kegiatan yang bersifat preemtif, preventif dan represif yang bertujuan untuk mencegah dan menindak setiap gangguan kamtibmas.

Lebih lanjut Iptu Herol Mantiri menguraikan bahwa dalam kurun waktu 1 (satu) bulan ini kegiatan tersebut dilaksanakan secara maraton dan melibatkan seluruh personel Polres Bolmong dan jajarannya.

Kegiatan itu sendiri diawali dengan pertemuan Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan, SIK., SH., MH dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk membahas kerja sama dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif guna mendukung jalannya roda pemerintahan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Silahturahmi Kamtibmas yakni kunjungan Kapolres Bolmong kepada sejumlah tokoh agama Kab. Bolmong antara lain Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Bolmong Hi Sulaiman Amba, S. Ag, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kab. Bolmong Ir. I Nyoman Sukra, Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM) Pdt. Fekky Kamasaan, M.Th dan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kab. Bolmong
Farida Mooduto, S.Pd., MM untuk menjalin kemitraan dalam menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga masyarakat.

Dijelaskan oleh Iptu Herol Mantiri terobosan lain yang dilakukan oleh Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan, SIK., SH , MH adalah melakukan Mapping atau pemetaan wilayah yakni desa-desa yang berpotensi dan rawan terjadi konflik perkelahian antar kampung (tarkam) atau antar kelompok (tarpok) khususnya di wilayah Dumoga Raya dan kemudian mengadakan tatap muka dengan pemerintah desa bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda di desa setempat untuk mendengar aspirasi dan permasalahan di masyarakat guna dicarikan solusi pemecahannya sekaligus menyatukan persepsi dan komitmen bersama untuk menjaga wilayah Dumoga agar tetap aman dan kondusif. Tercatat ada beberapa desa yang sudah dikunjungi oleh Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan, SIK., SH., MH yakni pertama, gabungan desa Pinonobatuan, Pinonobatuan Barat dan Imandi Kec. Dumoga Timur ; Kedua, gabungan desa Mogoyunggung bersatu dan desa Tonom Kec. Dumoga Timur ; Ketiga, gabungan desa Dumoga Dua, Dumoga 3, Dumoga 4 dan Modomang kec. Dumoga Timur serta Keempat, gabungan desa Doloduo bersatu, Toraut dan Ikhwan Kec. Dumoga Barat. Di samping itu personel Polres Bolmong juga terlibat untuk memberikan himbauan Kamtibmas di tempat-tempat ibadah serta mengadakan kegiatan door to door service atau sambang ke rumah-rumah warga untuk menyampaikan himbauan atau ajakan untuk menjaga kamtibmas.

Selain kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif secara bersamaan juga kegiatan yang bersifat represif atau penindakan yakni mengadakan razia peredaran minuman beralkohol atau miras baik yang dijual di warung/ kios maupun yang dibawa atau diangkut lewat kendaraan serta menindak penggunaan knalpot bising/racing dan warga membawa senjata tajam (Sajam).

Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan, SIK., SH., MH mengatakan kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan berharap mendapat dukungan dari pemerintah dan seluruh elemen masyarakat sehingga situasi yang aman dan kondusif di wilayah kab. Bolmong dapat tercipta.
“Saya mohon dukungan dari pemerintah dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga daerah yang kita tercintai Bolaang Mongondow agar tetap aman dan kondusif” pinta Kapolres.

Sementara itu salah satu tokoh agama Kab. Bolmong yakni Hi. Sulaiman Amba, S.Ag selaku Ketua MUI sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Kapolres Bolmong untuk menjalin kerja sama dengan tokoh agama.
“Saya selaku ketua MUI Kab. Bolmong sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya karena pak Kapolres langsung menjalin silaturahim yang lebih dekat lagi dengan tokoh-tokoh agama dan insya Allah kami akan mendukung sepenuhnya dan mudah-mudahan pada saat kami menyampaikan fatwa-fatwa atau ceramah mendapat dukungan dari masyarakat karena MUI itu mitra pemerintah” ujar Hi Sulaiman Amba. (**)

Komentar Facebook
x

Berita Lainnya

Awal Oktober, PSTI Gelar Kejuaraan Sepak Takraw Tingkat Kotamobagu

BULAWANNEWS.COM,KOTAMOBAGU-Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kotamobagu, bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kotamobagu ...